Malaysia dan Indonesia dalam siaran tv

Beda acara TV Malaysia & Indonesia

Indonesia dan Malaysia, sama-sama bangsa Melayu tapi dalam acara TV kaitannya dengan budaya asing kedua bangsa ini memiliki perbedaan yang jauh berdeda.

Misalnya di Indonesia beberapa TV stations membeli lisensi acara Who Wants to Be a Millionaire dan Pop Idol sehingga format acara harus meniru aslinya. Mungkin juga harus bayar fee untuk supervisor asing.

Lain dengan Malaysia, yang ditiru hanya beberapa format acara dan cara mendapa tkan dukungan penonton. Tapi visi & misinya disesuaikan dengan budaya & agama lokal. Contohnya adalah beberapa acara di bawah ini (di copy dari milis tetangga).

Tidaklah salah untuk membeli lisensi asing atau meniru acara TV bangsa asing. Tapi, jauh lebih baik kalau diasimilasikan dengan budaya lokal sehingga yang berkembang adalah budaya lokal dengan aplikasi teknik dari bangsa asing.

Begitu juga dengan masalah pengembangan liberalisme, boleh saja mengasimilasikan liberalisme dengan Islam. Tapi, seharusnya nilai2 Islam yang dimasukkan dalam liberalisme sehingga liberalisme itu dibatasi dengan nilai2 Islam sehingga nilai2 Islam yang berkembang. Hanya saja kita melihat bahwa justru yang dikembangkan oleh beberapa pihak di tanah air adalah nilai2 liberalisme yang dimasukkan ke dalam Islam sehingga n ilai2 Islamnya yang justru pudar karena dikurangi atau banyak diganti dengan nilai2 liberal yang sebenarnya bertentangan dengan Islam.

Well… tantangan bagi budayawan dan kaum santri..

1. Who will become an Ustaz

Reality show yang menampilkan peserta 12 lelaki yang akan bersaing untuk menjadi seorang Ustaz. Mereka akan ditempatkan disebuah madrasah dan akan diuji ketahanan dari segi membaca alquran, menunaikan sembahyang wajib, menunaikan sembahyang sunat, azan dan lain lain… Setiap minggu akan diadakan pertandi! ngan memberi tazkirah di hadapan penonton yang juga akan disiarkan live di kaca Televison.. Peserta akan dinilai oleh juri profesional (30%) dan sms penonton (70% pemenang akan mendapat pakej haji percuma.

2. Akademi Islamiah

Reality show yang mengambil 12 budak budak yang tel ah sesat dan rosak akhlaknya.. Mereka akan ditempatkan di sebuah banglo, dan akan diajar cara hidup islam. Setiap minggu mereka harus menunjukan kepakaran dalam islam yang telah mereka pelajari, dihadapan penonton secara live. SMS penonton akan menentukan peserta yang layak untuk menang (pilih berdasarkan taraf keinsafan mereka). Mereka menangis kerana menginsafi dosa lalu mereka. Mereka akan dikurung dan dipacakkan dengan 13 kamera CCTV.

3. Muslim Idol

Reality show untuk mencari penceramah Islam terbaik di Malaysia. Peserta yang dapat memberi ceramah yang mengusik jiwa penonton akan mara keperingkat seterusnya hingga ke akhir. Peserta diadi! li oleh penonton melalui sms. Pemenang akan mendapat peluang merakamkan lagu nasyid dan juda CD ceramahnya.

4. Bintang RTM (Remaja Tahu Mengaji)

Sebuah lagi program da ri stesen kerajaan Islam Hadhari kita yaitu berbentuk program tahu [melayucyber] FW Akademi fanta.ems mengaji. Peserta diajar cara membaca secara tartil,bertajwid dengan betul,menghafaz Quran dan berlagu. Peserta yang berjaya akan mendapat cahaya nur Quran.

5. Audition

Rancangan ini berbentuk audition untuk meneruskan pengajian dalam bidang agama samada IPT dalam negeri atau pun luar negeri. Tajaan akan diberikan kepada yang berjaya. Syarat layak masuk kepada semua yang cintakan Islam dan para pendukung Islam. Dalam ensiklopedi hadis yang terdiri dari 111 jilid, Bihar al-Anwar, Nabi Muhammad saw diriwayatkan bersabda: Takutilah dosa, karena dosa itu akan menghancurkan kebaikan. Ada dosa yang menyebabkan pelakunya melupakan ilmu yang sudah diketahuinya. Ada dosa yang menyebabkan pelakunya tidak bisa melakukan ; salat malam. Ada dosa yang menyebabkan rezeki tertahan,……………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: